Apa itu Database?

      Database adalah kumpulan data yang disimpan dan ditata sehingga data tersebut bisa diambil atau dicari dengan efisien.

 Database adalah sebuah koleksi terorganisir dari data. Data biasanya diselenggarakan untuk model aspek realitas dengan cara yang mendukung proses yang membutuhkan informasi ini. Misalnya, pemodelan ketersediaan kamar di hotel dengan cara yang mendukung menemukan sebuah hotel dengan kekosongan.

Sistem manajemen database (DBMS) dirancang khusus aplikasi perangkat lunak yang berinteraksi dengan pengguna, aplikasi lain, dan database itu sendiri untuk menangkap dan menganalisa data. Sebuah tujuan umum DBMS adalah sistem software yang dirancang untuk memungkinkan definisi, penciptaan, query, update, dan administrasi database. DBMS terkenal termasuk MySQL, MariaDB, PostgreSQL, SQLite, Microsoft SQL Server, Oracle, SAP HANA, dBASE, FoxPro, IBM DB2, LibreOffice Base, FileMaker Pro, Microsoft Access dan InterSystems Cache. Database umumnya tidak portabel di DBMS yang berbeda, namun DBMSs berbeda dapat saling beroperasi dengan menggunakan standar seperti SQL dan ODBC atau JDBC untuk memungkinkan sebuah aplikasi untuk bekerja dengan lebih dari satu database. Ada berbagai jenis database, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: Basis Data Operasional, database Tertentu, Database Eksternal, Hypermedia Database.





Dewasa Ini, penggunaan aplikasi berbasis database sudah banyak berserakkan di masyarakat. Contoh - contoh pengaplikasian database pada aplikasi untuk kegiatan sehari - hari :

  1. Pendataan perpustakaan
  2. Pendataan Gaji pegawai
  3. Pendataan Guru
  4. Pendataan desa
  5. Dan pendataan - pendataan yang lainnya.

Intinya, database itu difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan data- data yang ada, agar lebih mudah untuk di olah lebih lanjut.


Contoh-contoh dari aplikasi database engine misalnya seperti:

  1. SQL Server, dibuat oleh Microsoft.
  2. MS Access, dibuat oleh Microsoft.
  3. Oracle Database, dibuat oleh Oracle.
  4. MySQL, dibuat oleh MySQL AB.
  5. Firebird, dibuat oleh komunitas open source berdasarkan dari kode Interbase.
  6. PostgreSQL, dibuat oleh komunitas open source.
  7. DB2, dibuat oleh IBM.

Read More >>

Sumber: http://habeahan.wordpress.com/2008/04/16/apa-itu-database/
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Database


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar