Halaman

Instalasi Ubuntu 9.10 Berbasis GUI


Assalmu'alaikum Wr. Wb.
oke , kai ini saya mau share tugas saya yaitu tata cara menginstall Ubuntu 9.10 . postingan ini murni saya buat sendiri . tapi bagi yang mau copas . juga gak papa ..... baiklah langsung saja 

Ubuntu 9.10 ini adalah salah satu jenis Linux yang penginstallanya berbasis GUI (Graphic User Interface)bukan berbasis CLI (Command Line Install) . Banyak yang bilang kalau Linux itu susah , padahal Linux itu mudah , simple , sudah User Friendly dan yang jelas Linux itu LEGAL . Baiklah kita mulai langkah-langkah Instalasi Ubuntu 9.10 :

  1. Atur Booting Utama pada PC kita lewat BIOS , Boot from CD – ROM . lalu Save and Exit
  2. Kemudian Masukkan CD Ubuntu 9.10 , dan Reboot
  3. setelah proses Booting , kita disuruh memilih bahasa yang akan kita gunakan . Dan saya menggunakan bahasa Indonesia .

  1. Pada Jendela awal , ada beberapa Opsi . Karena kita akan menginstall Ubuntu maka kita memilih opsi Install Ubuntu

  1. pilih bahasa untuk memandu kita melakukan installasi

  1. Pilih Zona Waktu Jakarta

  1. memilih keyboard layout kita , umumnya di Indonesia banyak yang menggunakan Keyboard Layout USA . Langsung tekan Foward aja .

  1. Muncul tabel partisi . untuk Pembagian Partisi , saya menggunakan pembagian partisi secara manual . Agar kita bisa mengatur ukuran partisi secara leluasa....

  1. tunggu proses pemindaian hardisk......

  1. kebetulan di komputer saya ada 1 partisi yang tidak terformat , maka untuk mempurmudah . Saya akan hapus partisi itu .

  1. Maka ada Ruang Kosong baru yang tercipta , pilih ruang bebas dan klik tambah untuk membuat partisi baru .

  1. Pertama , saya akan membuat partisi / (root) sebagai tempat direktori – direktori file system yang ada di Linux . Logikal berukuran 15000 , EXT4 dan titik kaitnya adalah / (root) .ok

  1. Maka Partisi Root akan tercipta , kemudian kita buat lagi partisi baru .

  1. Kedua , saya akan membuat partisi untuk ruang swap sebagai cadangan RAM yaitu apabila RAM mengalami OverLoad maka sebagian proses akan di letakkan pada partisi ini agar RAM tidak terlalu berat kerjanya . Logikal berukuran 3000 , Gunakan Sebagai saya ganti menjadi Ruang Swap .ok
  1. Maka Ruang Swap akan tercipta , kemudian kita buat lagi partisi baru .
  1. Ketiga , saya akan membuat partisi untuk /home sebagai partisi tempat menyimpan file – file pribadi dari user . Logikal berukuran sisa dari semuanya , EXT4 dan titik kaitnya adalah /home .ok

  1. maka tercipta lah partisi /home , dan kita selesai untuk membuat partisinya . Sekarang pilih partisi root untuk di install Ubuntu 9.10 . klik Foward .

  2. Sekarang saatnya mengisi informasi tentang sang pengguna atau User .

  3. Jika anda tidak ingin mengimpor account dari OS sebelumnya , langsung saja klik Forward

  1. persiapan untuk installasi telah siap , sekarang saatnya kita menginstall Ubuntu 9.10 di Komputer kita . Klik Pasang .

  1. Tunggu Proses Installasi ….....
  1. Setelah selesai , klik restart .

  1. Ketika akan restart ada perintah untuk memindahkan media installasi yaitu CD Ubuntu 9.10 kita . Maka kita keluarkan dahulu CD ubuntu 9.10 kita baru kita tekan Enter



    udah beres deh ..... tunggu apa lagi ? ayo install Ubuntu di PCmu :)
    Go Linux ! Go Legal !

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

5 komentar: