Halaman

Linux Command Line Interface (CLI)


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Seperti konsep yang saya coba sekarang , yaitu dengan membagikan ilmu yang baru saya dapat dengan secepatnya . Karena saya bukan Ahlinya saya bakal menerima saran dan komentar dari temen - temen yang lebih mengerti .

Karena saya dapat tugas untuk mempelajari Linux yang “CLI” walaupun sebenarnya yang GUI (graphic User Interface) udah ada banyak . Terus ngapain kita susah – susah belajar yang CLI kalau yang GUI sudah banyak ? . tapi saya yakin , guru saya menginginkan agar saya tidak hanya belajar yang mudah - mudah saja , melainkan dengan belajar yang sulit - sulit juga . Agar kami bisa jadi yang terbaik . Dan bukan orang yang biasa – biasa saja

kali ini saya akan sedikit share tentang Linux CLI (Command Line Interface) . Seperti yang kita ketahui ada dua tipe interface di Linux , yaitu :

  1. Command Line Interface (CLI) , yaitu pengoprasian operting sistem dengan menggunakan keyboard yakni dengan cara mengetikkan command yang kemudian akan di proses di komputer .
  2. Graphical User Interface (GUI) , kalau yang satu ini pasti semua sudah terbiasa . Yaitu pengoprasian operating sistem dengan menggunakan mouse yakni dengan cara pointing , Klik , dan Drag .

Semua bakal terasa mudah jika kita memakai GUI , karena jika kita ingin melakukan sesuatu di PC kita tinggal klik sana klik sini . Tapi berbeda jika kita menggunakan CLI .



Di CLI ada progam yang menjadi inti dari CLI yaitu Shell , shell ini adalah progam di Linux yang di berfungsi untuk mengkomunikasikan antara user dengan Operating system . Jadi kerjanya seperti gambar di atas . Setelah kita sebagai user mengetikkan perintah , maka shell akan membacanya lewat keyboard kemudian shell mengolahnya / memprosesnya kemudian hasil proses akan di kirim ke PC untuk di jalankan / diolah lebih lanjut . Sebenarnya banyak sekali macam – macam tipe dari progam shell itu sendiri , tapi kebanyakan Linux yang sekarang beredar menggunakan Shell yang bernama Bash (Bourne Again SHell) .

Sekarang bagaimana caranya agar kita bisa mengoprasikan CLI (Command Line Inteface) ? Itu nanti akan bersambung di lain artikel . Karena saya mau berangkat renang :D saya tunda artikelnya , dan akan menulis lagi jika saya ingin dan ada yang menginginkan .
Go Linux ! Go Legal !

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar