Halaman

Audacity


Audacity

Audacity adalah Freeware multiplatfrom yang bisa dijalankan di Linux , mac , maupun windows . Audacity ini berfungsi untuk mengedit atau memotong lagu/musik . User Friendly yang ditawarkan Audacity sangatlah powerfull . dengan adanya Audacity , memungkinkan orang awam bisa mengedit lagu secara professional . Anda bisa mendownload Audacity secara gratis di SourceForge


Spesifikasi Minimum

Windows 2000, XP
512 MB/1 GHz
128 MB/300 MHz



Cara Install Audacity
  1. Pertama – tama Download dulu software Audacitynya.
  2. Klik 2 kali pada setup audacity yang telah di download
  3. Pilih bahasa . Lalu klik OK

  4. klik next

  5. Lisensi agreement klik Next

  6. pilih tempat instalasi , klik Next

  7. centang Create a Desktop Icon . Lalu next

  8. konfirmasi penginstallan , klik Install

  9. tunggu proses penginstall selesai ,

  10. klik Next


  11. proses instalasi telah selesai , klik Finish untuk membuka aplikasi Audacity

  12. ini tampilan Audacity


Project
untuk menyelesaikan tugas Akhir semester , saya ingin mengedit rekaman yang telah saya lakukan bersama teman saya agar suaranya terdengar lebih keren dan halus . Oke langsung saja .

  1. Pertama , saya melakukan rekaman di audacity . Caranya dengan menekan tombol bulat merah .

  2. Setelah rekaman selesai , tekan tombol stop yang berwarna kuning dan akan nampak hasilnya.
  1. Rekaman selesai, saatnya memotong bagian – bagian yang tidak diinginkan , sederhana saja . Caranya kita blok suara yang ingin di potong .
  2. Lakukan cutting dengan menekan tombol cut .
  1. Setelah proses cutting selesai saatnya memperhalus suara rekaman dengan menghilangkan “noise” pada suara . Langkah ini tidak diperlukan jika rekaman kita sudah halus. Noise itu suara yang burek2 yang biasanya ada ketika kita merekam suara. Tekan “Ctrl + A” untuk blok semua bagian lagu yang ada di audacity . Kemudian klik menu “Effect” > “Noise Removal”
  1. untuk menghilangkan “Noise”nya harus di analisis dulu lagunnya tekan “get noise Profile”
  1. tunggu prosesnya selesai

  2. setelah prosesnya selesai , buka lagi noise Removal (effect > noise removal) . Kemudian atur noise removalnya . Biasanya saya hanya mengatur “Noise Reduction”nya saja . Lalu klik OK
  1. selanjutnya saya berniat untuk membuat efek “phaser” . Efek phaser ini membuat suara yang direkam tadi menjadi bergelombang . Klik effect > phaser .

  2. sekarang kita atur effect “Phaser” nya sesuka hati . Biasanya saya hanya mengatur stagenya. Saja . Lalu OK .
  1. Lagunya udah lumayan bagus . Sekarang saya ingin membuat suara gitarnya juga bergelombang dan serasa seperti suara gitar listrik . Klik effect > wahwah

  2. atur efek wahwah . Biasanya saya hanya mengatur “LFO frecuency” nya saja . Lalu OK
  1. Gitar yang saya mainkan serasa gitar listrik . Bisa dicek di file mblo3.mp3 . Pada bagian intro sudah di edit . Tapi saya juga menginginkan suara akustik dari gitar tetap ada , jadi saya memutuskan untuk menambahkan suara baru agar bisa terdengar akustik gitarnya. Klik file > import > Audio

  2. Pilih File yang diinginkan . Dan Open
  1. setelah itu maka akan ada 2 suara yang bisa di edit di project anda . Saya lakukan pemotongan lagi pada bagian intro (suara yang ke-2) .

  2. sekarang kita mengatur equalization dari masing – masing suara hingga mendapatkan proporsi yang pas . Klik Effect > equalization
  1. dan atur volumennya dengan mengangkat garis hijau ke atas ataupun ke bawah . klik OK .

  2. dan setelah pengeditan dengan cara – cara di atas ,
  1. selanjutnya saya akan menambahkan suara drum agar terkesan rame . Caranya klik File > Import > Audio . Pilih suara drum , kemudian open .

  2. Maka akan tampil 2 chanel audio dan sekarang kita bisa memutar keduannya secara bersamaan . Dan membuat lagu kita seperti ada drumnya . 

Untuk melakukan pengeditan suara tidak perlu membayar lisensi software yang mahal , apalagi membajak . Kan masih banyak freeware powerfull yang bertebaran di Internet salah satunya adalah Audacity ini . Sekian dari saya .
*)anda bisa melihat hasil saya disini

sumber : dari berbagai Artikel di Google

2 komentar:

  1. efect nya semua terkunci.. gimana caranya?

    BalasHapus
  2. Gan sy donload audacity dr hp kan sktran 25mb tp pas di pindah jadi,x 225kb??? Solusinya gan,,, sy iktn cra download dri youtube,

    BalasHapus