Audacity


Audacity

Audacity adalah Freeware multiplatfrom yang bisa dijalankan di Linux , mac , maupun windows . Audacity ini berfungsi untuk mengedit atau memotong lagu/musik . User Friendly yang ditawarkan Audacity sangatlah powerfull . dengan adanya Audacity , memungkinkan orang awam bisa mengedit lagu secara professional . Anda bisa mendownload Audacity secara gratis di SourceForge


Spesifikasi Minimum

Windows 2000, XP
512 MB/1 GHz
128 MB/300 MHz



Cara Install Audacity
  1. Pertama – tama Download dulu software Audacitynya.
  2. Klik 2 kali pada setup audacity yang telah di download
  3. Pilih bahasa . Lalu klik OK

  4. klik next

  5. Lisensi agreement klik Next

  6. pilih tempat instalasi , klik Next

  7. centang Create a Desktop Icon . Lalu next

  8. konfirmasi penginstallan , klik Install

  9. tunggu proses penginstall selesai ,

  10. klik Next


  11. proses instalasi telah selesai , klik Finish untuk membuka aplikasi Audacity

  12. ini tampilan Audacity


Project
untuk menyelesaikan tugas Akhir semester , saya ingin mengedit rekaman yang telah saya lakukan bersama teman saya agar suaranya terdengar lebih keren dan halus . Oke langsung saja .

  1. Pertama , saya melakukan rekaman di audacity . Caranya dengan menekan tombol bulat merah .

  2. Setelah rekaman selesai , tekan tombol stop yang berwarna kuning dan akan nampak hasilnya.
  1. Rekaman selesai, saatnya memotong bagian – bagian yang tidak diinginkan , sederhana saja . Caranya kita blok suara yang ingin di potong .
  2. Lakukan cutting dengan menekan tombol cut .
  1. Setelah proses cutting selesai saatnya memperhalus suara rekaman dengan menghilangkan “noise” pada suara . Langkah ini tidak diperlukan jika rekaman kita sudah halus. Noise itu suara yang burek2 yang biasanya ada ketika kita merekam suara. Tekan “Ctrl + A” untuk blok semua bagian lagu yang ada di audacity . Kemudian klik menu “Effect” > “Noise Removal”
  1. untuk menghilangkan “Noise”nya harus di analisis dulu lagunnya tekan “get noise Profile”
  1. tunggu prosesnya selesai

  2. setelah prosesnya selesai , buka lagi noise Removal (effect > noise removal) . Kemudian atur noise removalnya . Biasanya saya hanya mengatur “Noise Reduction”nya saja . Lalu klik OK
  1. selanjutnya saya berniat untuk membuat efek “phaser” . Efek phaser ini membuat suara yang direkam tadi menjadi bergelombang . Klik effect > phaser .

  2. sekarang kita atur effect “Phaser” nya sesuka hati . Biasanya saya hanya mengatur stagenya. Saja . Lalu OK .
  1. Lagunya udah lumayan bagus . Sekarang saya ingin membuat suara gitarnya juga bergelombang dan serasa seperti suara gitar listrik . Klik effect > wahwah

  2. atur efek wahwah . Biasanya saya hanya mengatur “LFO frecuency” nya saja . Lalu OK
  1. Gitar yang saya mainkan serasa gitar listrik . Bisa dicek di file mblo3.mp3 . Pada bagian intro sudah di edit . Tapi saya juga menginginkan suara akustik dari gitar tetap ada , jadi saya memutuskan untuk menambahkan suara baru agar bisa terdengar akustik gitarnya. Klik file > import > Audio

  2. Pilih File yang diinginkan . Dan Open
  1. setelah itu maka akan ada 2 suara yang bisa di edit di project anda . Saya lakukan pemotongan lagi pada bagian intro (suara yang ke-2) .

  2. sekarang kita mengatur equalization dari masing – masing suara hingga mendapatkan proporsi yang pas . Klik Effect > equalization
  1. dan atur volumennya dengan mengangkat garis hijau ke atas ataupun ke bawah . klik OK .

  2. dan setelah pengeditan dengan cara – cara di atas ,
  1. selanjutnya saya akan menambahkan suara drum agar terkesan rame . Caranya klik File > Import > Audio . Pilih suara drum , kemudian open .

  2. Maka akan tampil 2 chanel audio dan sekarang kita bisa memutar keduannya secara bersamaan . Dan membuat lagu kita seperti ada drumnya . 

Untuk melakukan pengeditan suara tidak perlu membayar lisensi software yang mahal , apalagi membajak . Kan masih banyak freeware powerfull yang bertebaran di Internet salah satunya adalah Audacity ini . Sekian dari saya .
*)anda bisa melihat hasil saya disini

sumber : dari berbagai Artikel di Google

1 komentar: