Halaman

Cara Install Software Secara Offline di Linux


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pertama kali pake linux itu..... pasti bingung cara install aplikasi di linux tanpa ada koneksi internet . kalau misalnya kita ada koneksi pastilah semua terasa gampang . Tapi bukan berarti kalau kita tidak punya koneksi internet kita tidak bisa menginstall aplikasi , kita tetap bisa menginstall kok :) .

Di Linux itu , ada yang namanya “Package” atau paket . Paket adalah penyusun dari suatu aplikasi yang ada di linux . Dan Package itu mempunyai ketergantungan dengan paket yang lain atau biasa disebut dengan “Dependency” , maksudnya Dependency ini adalah paket yang akan kita install itu tidak bisa berdiri sendiri . Misal kita mau install paket GIMP , ketika kita install paket GIMP . GIMP meminta paket Libl , kemudian ketika kita install Libl . Libl meminta paket Gegl , ketika kita menginstall Gegl . Gegl meminta paket yang lain . Ya itu yang namnya Dependency . Jangan bingung ya :)

Jadi , kalau kita mau intall secara offline kita harus download paket utama beserta Dependency-nya. Langsung saja saya akan share cara install aplikasi secara offline di linux .

  1. pertama , anda harus tau . Versi linux anda

  2. pilih versi distro linux anda , anda harus mengetahui “setara dengan apakah linux anda” misal (Linux mint 12 setara dengan Ubuntu 11.10)
  3. setelah itu masukkan paket yang akan anda install , submit (saya akan mendownload Gimp)

  4. klik semua url untuk mendownload paket + dependency-nya
  5. masukkan dalam satu folder (saya namai GIMP)
  6. buka terminal , lalu masuk ke folder paket - paket anda tadi . Misal saya masuk ke download , maka saya akan menulis “
    ~$ cd Downloads/gimp
  7. Anda harus masuk sebagai root terlebih dahulu , kemudian tulis
    ~$ sudo dpkg -i *.deb
  8. maka instalasi akan berjalan . Tunggu sampai selesai .
  9. Lalu restart komputer anda , maka aplikasi akan selesai terinstall.

Kelihatan Rumit bukan ? Tapi ketika anda coba , pasti anda akan merasa gampang. Coba aja sekarang..... :) Go open Source !

3 komentar:

  1. makasih mas infonya sukses selalu, saya mau tanya cara masuk sebagai rootnya gimana saya masih newbi sekali soal linux.

    BalasHapus
    Balasan
    1. $ su
      paswors root'a trs massukin
      sorry d jawab m saya agan

      Hapus
  2. gan, itu kan sampai ubuntu 11.04
    kalo aplikasi nya di pake ubuntu 13.10 bisa tidak ?

    BalasHapus