Halaman

Cara Setting modem di Linux




Assalamau'alaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi , Siang , Sore dan malam . Alhamdulillah..... udah hampir setengah semester saya menggunakan Linux di netbook saya (first booting loh....) dan saya tidak ada masalah dengan modem yang saya pakai . Tapi...... beberapa hari yang lalu , modem saya rusak . Terpaksa saya beli modem baru . Gawatnya ! Modem saya tidak langsung terdetek di Ubuntu 12.04 LTS milik saya , akhirnya browsing lewat hp dan menemukan caranya . Mari kita simak caranya :

  1. Pertama – tama lakukanlah buka terminal . Ketikkan
    $ sudo pppconfig
  2. setelah pppconfig terbuka seperti ini . Pilih create create a connection

  3. Setelah itu kita isikan dengan nama povider kita. Tekan Enter

  4. Kemudian setting DNSnya dengan menekan tombol bawah kemudian spasi , maka tanda bintang akan berpindah di Dynamic DNS . Tekan Enter


  5. pilih Metode Koneksi PAP (peer Authentication Protocol) . Langsung tekan enter saja .

  6. Sekarang masukkan Username dari provider anda. Tekan Enter

  7. masukkan password Provider Anda.

  8. Setting Baudnya langsung saja tekan enter.

  9. Selanjutnya pilih Tone langsung Enter .

  10. Tuliskan nomor Dialing yang telah di berikan oleh provider anda . Bukan nomor telepon anda .

  11. Sekarang saatnya pilih portnya lagsung Enter saja .

  12. Terus tekan enter hingga keluar seperti gambar di bawah ini . Ketikkan /dev/ttyUSB0 , ingat Linux adalah OS yang case Sensitive jadi perhatikan besar kecil hurufnya . Lalu OK

  13. Tahap Konfirmasi , kalo sudah mantap dan dipastikan tidak ada kesalahan . Pilih Finished write file and return to main menu . Tekan Enter .

  14. Pada Main menu , pilih Quit this utility lalu Enter

  15. Tancapkan Modem anda .
  16. masuk pada tampilan awal terminal lagi . Ketikkan
    $ dmesg | tail
    untuk mengecek apakah modem kita sudah terdeteksi

  17. disana akan terlihat bahwa modem anda terdeteksi sebagai CD ROM . Agar terdeteksi sebagai modem , eject dulu dengan mengetikkan perintah
    $ sudo eject /dev/sr0
    saya menggunakkan netbook , jadi saya mengetikkan sr0 tapi jika anda menggunakan laptop ketikkan sr1

  18. sekarang modem anda terdeteksi sebagai Usb biasa , belum terdeteksi sebagai modem . Cek apakah modem anda masih tertancap di komputer dengan mengetikkan
    $ lsusb
  19. maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

    tulisan yang saya blok adalah ID dari modem saya . 15eb adalah kode Vendor dari modem saya dan 7152 adalah kode product dari modem saya . Lanjut

  20. tambahkan module pada linux kita dengan perintah
    $ sudo modprobe usbserial vendor=0x15eb product=0x7152
  21. sudah di modprobe , ketikkan perintah
    $ sleep 7
    ini untuk memberi delay selama 7 detik

  22. saatnya kita konekkan dengan perintah
    $ sudo pppd call aha
    jika tidak ada output apa – apa berarti modem anda sudah konek dan tidak bermasalah

  23. sudah konek belum ya ? Untuk mengeceknya anda bisa mengetikkan perintah :
    $ ping google.com
  24. jika keluar angka berarti anda positif sudah konek ke Internet :)

jika anda gagal dalam tahap call , maka disarankan untuk melakukan modprobe lagi :) . dan bila anda ingin mengonekkannya lagi , anda bisa melakukan langkah - langkah mulai nomor 15 . karena identitas provider anda telah didaftarkan di komputer :) .

Mungkin itu sedikit informasi dari saya , harus selalu diingat bahwa Linux itu membuat pemakainnya sealalu belajar , belajar , dan belajar . semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat . Gunakan segala informasi dan Ilmu yang anda punya untuk melakukan hal – hal yang baik dan bermanfaat . Go Open Source !

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

*) Untuk modem dan provider bisa disesuaikan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar