Halaman

Aplikasi Image Compressor di Linux


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Abis posting tentang Penyebab kita malas megerjakan PR . Kali ini saya mau share buat para pengguna linux yang kebingungan buat ngompress imagenya biar bisa kecil ukurannya dan bisa di upload buat posting blog . Pada awalnya saya juga kebingungan untuk mencari software image compressor yang compatible dengan linux (Blankon) punya saya . Saya sempet blogging dan ketemu sama yang namanya “Trimage Image Compressor” tapi saya masih kurang puas dengan kinerja software ini . Dan Akhirnya.........

Beberapa hari yang lalu , saya telah menemukan trobosan yang baik untuk para pengguna Linux . Yaitu dengan menggunakan software yang ada di Windows dan menjalankannya di Wine . Dan setelah saya gunakan , saa merasa sangat puas dengan kinerjanya . Image yang awalnya berukuran 400 kb bisa menjadi hanya 10 kb . Ini sangat membantu saya dalam posting .

Tau gak apa Software itu ? Nama Software itu adalah RIOT - Radical Image Optimization Tool . Software ini mengcompress gambar hingga ukuran yang kita ingin kan . Baiklah cukup basa basinya . Sekarang mari kita install Wine terlebih dahulu .

Sudo apt-get install wine

Setelah selesai , menginstall Wine. Saatnya kita menginstall RIOT .

  1. Download RIOT dari situs resminya
  2. kemudian double klik file yang di download tadi
  3. klik next sampai finish
  4. dan akhirnya selesai

untuk cara menggunakannya anda buka aplikasi RIOT dari Apikasi Synapse . Ketik “RIOT” pada Synapse . Setelah terbuka . Begini cara menggunakan RIOT .

  1. peratama klik file open , buka file yang ingin di compress
  1. kemudian klik compress to size

  1. kemudian isikan ukuran yang anda inginkan (saya menginginkan ukuran 5kb)

  1. setelah selesai , klik save dan selesai ! :)


Tuh kan ….... buat para pengguna linux jangan patah semangat , tenang aja masih banyak Alternative untuk kita . Go Open Source Indonesia ! Be Legal ! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar